Usaha Laundry

Yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat Mesin Cuci

Hal terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha laundry, selain mengetahui produk dan alat produksi, adalah bagaimana menjaga aset. Sebagaimana bisnis pada umumnya, aset merupakan sesuatu yang bisa memberikan nilai tambah pada sebuah usaha. Yang termasuk aset antara lain adalah barang tak bergerak (misalnya ruko tempat usaha, komputer, mesin, dan lainnya), sumber daya (karyawan, investor) dan hak paten. Biasanya yang terakhir ini sering diabaikan oleh para pengusaha. Ketika mereknya sudah terkenal, lalu ada orang yang membuat logo yang sama dan mendaftarkan ke hak cipta, maka asetnya berupa hak cipta pun hilang. Padahal merek yang telah dibangun bertahun-tahun itu telah berhasil memperoleh kepercayaan dari konsumen yang cukup besar. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada Anda, bukan?

Sebelum bicara tentang aset intelektual, ada aset lain yang harus dijaga dan dipelihara agar tidak cepat rusak bagi pengusaha laundry. Aset tersebut adalah mesin cuci. Inilah motor utama bisnis laundry yang sangat berpengaruh terhadap sukses dan gagalnya usaha ini. Makin berkualitas mesin yang dimiliki, makin banyak jumlah unitnya, maka makin besar profit bisnisnya. Oleh karena itu, jangan sampai mesin cuci yang Anda miliki rusak sebelum waktunya. Merawat secara telaten adalah solusi aman untuk menjaga kesinambungan operasional mesin.

Mengapa mesin cuci harus dirawat? Setiap memasukkan pakaian, maka sisa-sisa kotorannya akan menempel pada mesin sehingga menambah beban kerja yang akhirnya berakibat kurang optimalnya hasil cucian. Selain ditimbulkan oleh pakaian, sisa bahan kimia, mineral serta sabun atau deterjen turut berkontrubusi terhadap berkurangnya fungsi mesin cuci. Oleh karena itu, rutin membersihkan merupakan kegiatan wajib agar mesin tetap terpelihara.

READ  Perlukan Spotting Table Dalam Usaha Laundry?

Caranya, mulailah dari membersihkan kabinet dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi dan keringkan dengan kain halus. Pada bagian karet pintu jangan lupa juga untuk dibersihkan karena sumber bau tidak sedap justru berasal dari sana.  Ada baiknya saat dibersihkan pintunya dibuka agar udara bisa bersirkulasi di dalam tabung. Sebab pertumbuhan bakteri justru terjadi di dalam tabung sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Laci yang sudah terkotori oleh sisa deterjen harus dikeluarkan dengan cara ditekan pengaitnya lalu ditarik keluar. Menariknya harus kuat karena laci tersebut harus bisa melewati stopper. Laci yang telah berhasil dikeluarkan tersebut dicuci dengan air yang mengalir dan dikeringkan dengan lap. Sedangkan untk mencuci filter, pastikan terlebih dulu mesin cuci dalam keadaan kosong dan di dalam tabungnya sudah tidak ada air lagi. Putuskan dulu arus listrik sehingga mesin benar-benar tidak teraliri listrik dan air. Setelah itu, filter dikeluarkan dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam. Setelah itu, dicuci dengan meletakkannya di bawah air mengalir, misanya di wastafel atau kran kamar mandi. Sebelumnya harus dipastikan dulu kalau semua partikel di dalam filter telah terangkat semua. Barulah setelah dicuci dan dikeringkan, filter bisa dipasang kembali dengan cara memutar searah jarum jam sampai terkunci pada posisi semula. Ini adalah cara membersihkan pump filter.

Untuk membersihkan filter pemasukan air, caranya adalah dengan menutup kran air lalu lepaskan selang pemasuka air dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Gunakan sikat yang lembut untuk membersihkan filter pada bagian belakang mesin cuci dan bilas dengan air bersih. Kemudian pasang kembali selang pemasukan air ke tempatnya semula.

Inilah cara merawat mesin cuci yang efektif. Ingat, merawat aset adalah bagian dari investasi!

READ  Mengenal Bahan-Bahan kimia Yang Dipakai Dalam Usaha Laundry

                                                                                                                            

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top