Serba-serbi

Tips Sukses Bisnis Laundry

Bisnis laundry merupakan salah satu peluang usaha yang dapat anda manfaatkan dengan potensial penghasilan yang cukup besar. Bagi pengusaha Laundry yang serius mengembangkan bisnis Laundry , mereka menyadari bahwa aktivitas pemasaran dan promosi usaha Laundry harus dilakukan lewat berbagai cara untuk mencapai kesuksesan. WashingFactory.com mempunyai beberapa tips sukses berbisnis laundry bagi anda, sebagai berikut :

1.Konsep Usaha
Yang dimaksud konsep usaha di sini adalah apakah bisnis laundry hanya sekedar melayani orang cuci baju atau Ibu ingin membangun sebuah bisnis jasa laundry yang besar dan menguasai
pangsa pasar yang luas? Jika hanya sekadar melayani orang cuci baju, Ibu dapat tampil apa adanya, peralatan seadanya, tenaga seadanya, hasil kerja pun seadanya. Namun jika anda ingin membangun sebuah bisnis laundry yang besar dan menguasai pangsa pasar yang luas, harus menyiapkan berbagai sarana dan prasarananya sejak awal. Memikirkan konsep Usaha Bisa dimulai dengan pembuatan nama dan logo laundry, tampilan laundry anda, dan produk laundry yang akan ditampilkan.

2. Pemilihan lokasi yang strategis

Lokasi dapat dikatakan Strategis apabila dekat dengan tempat sebagai berikut : dekat dengan Kantor, Industri, Kampus atau tempat pendidikan, Perumahan, kos-kosan.

Apabila rumah/ruko anda sudah termasuk kriteria tempat strategis tersebut, maka jangan ragu untuk memulainya.

3. Perlengkapan Kerja
Yang dimaksud peralatan atau perlengkapan kerja ini mulai dari mesin cuci, alat pengering, setrika listrik, meja setrika, alat pengemas, sampai dengan rak tempat menampung hasil cucian yang siap diserahterimakan ke konsumen. Dalam bisnis jasa laundry, peralatan/perlengkapan kerja ini berperan penting dalam menghasilkan kualitas hasil kerja yang baik. Di pasaran banyak tersedia peralatan dan perlengkapan kerja seperti ini. Pilihlah yang kualitasnya diatas rata – rata namun harganya tetap terjangkau.

Anda hanya akan dapat memilih peralatan/perlengkapan secara tepat setelah melakukan survei langsung dan melakukan uji coba. Jadi semua peralatan/perlengkapan tersebut baru akan dipakai jika sudah lolos uji coba. Inilah peran QC (Quality Control) yang anda jalankan langsung demi mendapatkan kualitas hasil kerja yang bagus. Banyak pelaku usaha laundry rumahan menyepelekan hal ini yang mengakibatkan berbagai pemborosan.

4. Bahan Produksi
Bisnis laundry membutuhkan bahan baku, mulai dari deterjen pencuci, cairan pewangi, cairan pelembut kain, sampai dengan cairan pelicin pakaian. Semua cairan ini adalah bahan kimia. Ada 3 syarat yang harus dipenuhi bahan kimia ini, yakni aman bagi kain/pakaian yang dicuci, aman bagi kulit/kesehatan karyawan dan aman bagi lingkungan (berkaitan dengan limbah). Anda harus
selektif memilihnya. Banyak pelaku usaha laundry yang menggunakan bahan baku laundry dari negeri antah berantah, asal murah, tanpa merek atau nama produsen dan tentu saja tidak diketahui apakah kandungan kimianya aman atau tidak. Tentu saja
penggunaan bahan baku seperti ini dapat berakibat buruk bagi kain/pakaian yang dicuci, bagi kesehatan karyawan dan bagi lingkungan. Untuk mendapatkan bahan baku yang aman dan berkualitas.

READ  Tips Media Promosi Usaha Laundry

5. Pemilihan SDM yang Berkualitas

Karyawan memiliki peranan penting dalam kemajuan usaha laundry Anda. Jika karyawan Anda dapat bekerja secara profesional, maka usaha Anda juga yang akan mendapatkan nama yang baik di kalangan para konsumen. Sebaliknya jika karyawan tidak profesional maka usaha apapun yg anda jalankan akan mendapat banyak kendala dan tidak sedikit usaha yg mati akibat ulah karyawannya sendiri. Nah, ternyata kunci utama mendapatkan karyawan profesional adalah dengan cara mengelola karyawan. Setiap orang yg anda rekrut atau jadikan karyawan memiliki background dan pemahan berbeda-beda.

Tips berikut akan sangat membantu Anda agar tidak sampai salah dalam mengelola karyawan. 1. Pilihlah karyawan yang memang benar-benar mengerti usaha yang akan dia kerjakan. Jangan sembarangan memasukkan karyawan sebab Anda juga yang akan kewalahan jika harus mengajarinya lagi dari awal atau malah dia bisa-bisa tidak memiliki mood dalam mengerjakan pekerjaan itu karena dia sendiri tidak mengerti. 2. Ada baiknya Anda membuat sistem kepangkatan dan gaji, sehingga karyawan Anda memiliki jenjang karir dan akan menjamin masa depan mereka nantinya. Karyawan juga akan lebih bersemangat dalam meningkatkan kualitas pekerjaannya. 3. Buatlah Pelatihan Tambahan Memang, karyawan yang Anda pilih harus mengerti lebih dahulu apa pekerjaan yang akan dikerjakannya. Namun, pelatihan di sini bukan dalam artian mengajari dari awal, melainkan menambah wawasan para karyawan.

Pelatihan ini juga berguna untuk semakin memantapkan keakraban dan kerja sama di antara para karyawan. Pelatihan bisa Anda jadwalkan misalnya sekali dalam 3 bulan. 4. Buat struktur dan Bidang Pekerjaan, yakni penentuan atau pembagian tugas menurut bidang masing-masing. Pengorganisasian yang baik akan membuat usaha berjalan dengan lancar. Misalnya, bagian administrasi tugasnya mengatur bagian keuangan, pelatihan karyawan dan penyusunan kebutuhan pegawai, mengatur promosi dan iklan, mengurus keluar masuk barang inventaris usaha laundry. Bagian operator tugasnya untuk mengatur pakaian kotor, mengatur cue point (barisan) baju untuk dicuci, mengeringkan dsb. 5. Selalu Mereview Kinerja Karyawan Adakan pertemuan atau rapat sebulan sekali untuk membahas kinerja para karyawan dan mereview kembali bagaimana sistem kerja karyawan selama satu bulan tersebut sehingga kualitas kerja karyawan dapat terjaga bahkan semakin meningkatkan profesionalisme kerja.

Karyawan untuk bisnis laundry bukanlah orang yang hanya bisa mencuci dengan mesin cuci dan menyetrika baju saja. Tetapi harus memiliki ketrampilan lain yang lebih spesifik, yakni memahami cara memperlakukan baju berdasarkan bahan atau kainnya. Keteledoran karyawan yang paling sering adalah menghilangkan cucian, salah menyetrika yang menyebabkan baju mengkerut atau terbakar/tidak rapi, salah mencuci yang menyebabkan baju luntur warnanya, salah mengemas yang menyebabkan baju tertukar.

READ  Tips Membersihkan Perhiasan Emas

6. Kualitas Produk
Pertama kami akan menjelaskan tentang kemasan saji, Banyak pelaku usaha laundry bertindak semena-mena terhadap konsumen dengan mengemas hasil cucian seadanya (menggunakan plastik bekas). Ini tindakan ceroboh paling parah yang menyebabkan usaha laundry itu tidak berkembang.
Padahal kunci suksesnya sangat mudah, kemaslah secara menarik maka konsumen pun akan berterimakasih dan datang kembali berturut-turut membawa cucian yang lebih banyak. Pengemasan harus dilakukan dengan rapi, menghindari kontaminasi dengan udara luar untuk mencegah debu menempel, dan berikanlah tas yang beridentitas bisnis kita sebagai langkah promosi murah meriah.

kemudian yang sangat penting diperhatikan adalah kualitas hasil cucian. Banyak pelaku usaha laundry yang asal cuci. Akibatnya, baju yang dicuci di laundry tersebut makin lama bukannya makin cemerlang warnanya, tetapi makin buram dan terlihat kotor. Bahkan banyak baju yang berbau tidak sedap. Mengapa bisa demikian? Ini disebabkan proses kerja yang tidak benar.  kualitas hasil kerja yang baik itu ditentukan dari bahan baku berkualitas dan proses finishing yang baik.
Kuncinya adalah baju kotor yang dicuci di laundry kita harus lebih bersih daripada sebelumnya. Prinsipnya, jika konsumen mendapati bajunya makin bersih dan wangi tiap habis dicuci ditempat laundry anda , pasti konsumen itu akan kembali lagi dengan sukarela.

7. Layanan konsumen
Jika konsumen sudah rela memberikan rezeki untuk kita, apa yang kita lakukan untuk konsumen? Satu-satunya yang fair adalah memberikan fasilitas layanan dan garansi atas kualitas hasil kerja kita. Fasilitas layanan yang paling umum adalah antar jemput gratis. Sedangkan garansi yang paling umum adalah mengganti cucian yang hilang atau rusak dengan nilai rupiah tertentu.
Apakah konsumen merasa diuntungkan dengan hal tersebut?
TIDAK! Konsumen laundry hanya akan diuntungkan jika baju-baju kotornya kembali dalam kondisi lebih bersih. Jadi, jangan sekali-sekali mengunggulkan fasilitas layanan dan garansi sebagai senjata utama untuk merangkul hati konsumen. Fasilitas layanan dan garansi hanyalah sebatas pemanis saja dalam bisnis laundry kita.

8.Pengelolaan Konsumen
Banyak pelaku usaha laundry tidak mampu eksis dalam jangka panjang karena tidak mampu mengelola pelanggan. Mengelola pelanggan di sini bukanlah dengan cara rutin menelepon
pelanggan dan meminta baju-baju kotornya untuk dicucikan. Pengelolaan pelanggan di sini diartikan dalam lingkup yang lebih luas sebagai ciri khas usaha jasa, yakni memberikan kualitas hasil kerja yang terbaik untuk konsumen dan membuat konsumen merasakan ketergantungan dengan bisnis laundry kita. Jadi, di sini konsumen yang tergantung kepada kita, bukan kita yang tergantung kepada konsumen.

Buatlah database dan kelolalah dengan baik. Cara mengelola pelanggan dari awal sampai akhir sudah saya ungkapkan. Semoga dapat dipelajari sendiri mengingat keterbatasan halaman ini.

READ  6 Cara Menarik Pelanggan Baru Usaha Laundry (Bagian 2)

9. Marketing Usaha

Untuk membuat bisnis laundry kiloan kita berjalan, kita butuh orang yang mau mencucikan pakaiannya pada kita. Walaupun banyak orang yang mungkin butuh mencucikan pakaian, tetapi jika mereka tidak tahu bahwa kita menerima jasa laundry, maka mereka tidak akan datang kepada kita. Untuk itu maka kita perlu untuk melakukan pemasaran.Berapa poin penting untuk menunjang pemasaran bisnis laundry kiloan kita :1. Outlet laundry kiloan kita harus terlihat oleh calon konsumen.Usahakan lokasi kita cukup strategis, yaitu terlihat oleh calon konsumen (tidak harus berada dipinggir jalan besar) dan berada dilokasi yang dekat dengan wilayah pasar yang kita bidik. 2. Pasang spanduk atau banner untuk menunjukkan bisnis laundry kiloan kita. Kita bisa memasang spanduk ataupun banner didepan outlet kita. Usahakan banner/ spanduk dibuat menarik, dengan warna dan tulisan yang menyolok, tapi usahakan untuk tidak terlalu norak. Kita bisa minta tolong kepada pembuat banner/ spanduk untuk membuatkan desainnya.

Mintalah saran kepada mereka, karena mereka lebih ahli dibanding kita dalam hal ini.  3. Pasang juga banner/ spanduk yang posisinya melintang.Selain banner/ spanduk yang kita pasang didepan outlet dengan menghadap jalan, kita juga perlu memasang banner/ spanduk yang melintang, sehingga bisa dilihat oleh orang yang melintasi jalan depan outlet kita, dari dua arah.Usahakan posisi banner/ spanduk tersebut bisa dilihat pemakai jalan tanpa mereka harus menoleh. Hal ini perlu dilakukan agar pemakai jalan yang konsentrasi pada jalan didepannya juga bisa melihat banner tersebut, karena nggak semua pemakai jalan seneng toleh kanan kiri. Tulisan pada banner yang melintang tidak harus detail, yang penting cukup jelas menunjukkan bahwa ada outlet laundry disitu. Jadi fungsi banner tersebut hanya sebagai penangkap pandangan mata, sehingga setelah mereka melihat tulisan tersebut akan menenggok kearah outlet kita. 4. Sebarkan brosur. Selain menggunakan banner dan spanduk, kita bisa juga menyebarkan brosur untuk lebih mengenalkan bisnis laundry kiloan kita.

Cantumkan jenis layanan kita, kalau perlu sekaligus dengan harga untuk tiap layanannya. Dan yang tidak kalah penting alamat yang tercantum pada brosur tersebut harus jelas, kalau perlu kita beri denah untuk memudahkan calon konsumen mencari lokasi outlet kita. 5. Buat promosi. Promosi sangat penting untuk menarik calon konsumen. Kita bisa promosi dengan memberikan discount atau harga khusus selama masa promosi. Tentunya kita juga bisa membuat promosi di akun-akun media sosial yang lagi rame saat ini.

Dengan beberapa cara tersebut dapat bermanfat bagi anda yang membaca artikel Tips Sukses Bisnis Laundry. Tanpa mencoba dijalankan anda tidak akan dapat meraih kesuksesan, maka mulailah dari sekarang. Sukses buat pengusaha Laundry di Indonesia.

Comments
Click to comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top