Serba-serbi

Tips pembukuan untuk usaha

Pembukuan adalah pencatatan transaksi keuangan. Pencatatannya meliputi penjualan, pembelian, pendapatan dan pengeluaran seseorang maupun organisasi. Pembukuan berbeda dengan akuntansi. Sistem pembukuan di bagi menjadi dua, sistem pembukuan pemasukan tunggal dan berpasangan. Pembukuan pemasukan tunggal hanya menggunakan akun pendapatan dan pengeluaran. Pembukuan tunggal cocok digunakan untuk usaha mikro dan kecil. Pembukuan berpasangan membutuhkan pengeboran (pencatatan). Tiap tiap transaksi dua kali, menggunakan debit dan kredit. Dengan membuat pembukuan, maka akan sangat bermanfaat bagi sebuah usaha. Misalnya seperti  melindungi uang bisnis, menganalisa sumber penghasilan, memonitor kemana uang mengalir, mengetahui pembayaran dari konsumen.

Sebagai seorang pengusaha laundry, tentu Anda harus menguasai pembukuan. Berikut ini adalah tips menyusun pembukuan:

  1. Kumpulkan bukti transaksi. Ini merupakan langkah awal yang wajib dilakukan sebelum membuat perincian pada pembukuan. Kumpulkan juga bukti bukti transaksi lainnya. Kemudian mulailah identifikasi bukti bukti pembayaran tersebut. Gunanya adalah agar dapat mengetahui dengan pasti status dan nilai transaksi tersebut.
  2. Membuat jurnal transaksi. Setelah menganalisa dengan teliti bukti bukti transaksi tersebut, buatlah jurnal transaksinya. Catatlah tanggal, nomor bukti, akun transaksi, keterangan, debet, serta saldo. Pastikan Anda benar mencatatnya. Karena jika salah mencatat nya, maka Anda akan kesulitan nantinya.
  3. Pindahkan transaksi ke buku besar. Pencatatan di buku besar sangat berbeda dengan yang ada di jurnal. Akun harus di kelompok sesuai dengan jenis transaksinya. Misalnya mencatat akun piutang, maka kita hanya akan mengelompokkan transaksi akun piutang saja. Mudah bukan?
  4. Buatlah neraca percobaan. Lakukan pembuatan neraca percobaan setiap penutupan buku. Hal ini ditujukan untuk memastikan nilai jenis akun bersabda debet sama dengan akun bersabda kredit, atau seimbang. Jumlahkan masing-masing akun. Akun debit dan kredit. Kemudian bandingkan keduanya. Jika neraca tidak seimbang, maka itu terjadi karena ada transaksi yang belum dicatat, atau ada transaksi yang salah perhitungan atau juga cacat.
  5. Laporan keuangan. Setelah selesai melakukan pengumpulan bukti bukti transaksi, membuat jurnal dan kemudian membuat neraca percobaannya, maka tiba saatnya untuk membuat laporan keuangannya. Tahap ini merupakan tahap final hingga dalam pembukuan. Tahap ini merupakan bagian tahap yang paling vital. Dibuatnya laporan keuangan ini adalah agar dapat dengan mudah mengambil keputusan dalam usaha. Tahap ini merupakan produk utama dalam proses akuntansi.
READ  Cara Menghadapi Keluhan Pelanggan

Adapun langkah langkah dalam menyusun laporan keuangan adalah :

  • Menyusun neraca saldo
  • Mengumpulkan data yang di perlukan untuk membuat jurnal penyesuaian
  • Menyusun neraca lajur
  • Menyusun laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi, perubahan modal, serta laporan laporan lain.
  • Menyesuaikan dan menutup rekening rekening
  • Menyusun neraca saldo setelah penutupan

 

  1. Tidak perlu mengejar kesempurnaan. Yang terpenting adalah, pembukuan dapat dengan mudah di baca.
  2. Gunakanlah teknologi. Meski namanya pembukuan, namun bukan berarti hanya dapat menyusunnya di atas buku. Anda juga dapat menggunakan teknologi, apalagi di jaman yang sudah modern ini. Namun jangan lupa untuk mencetak pembukuan secara berkala.

Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha maupun yang baru saja memiliki sebuah usaha, penting untuk menyusun sebuah pembukuan agar Anda tidak kebingungan dalam mengatur uang perusahaan. Anda juga dapat memastikan berapa modal yang dibutuhkan selanjutnya sehingga bisa mengantisipasi pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga. Tips sederhana di atas adalah cara efektif agar pengelolaan laundry Anda lebih transparan dan profesional.

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top