Serba-serbi

Tips Mengelola Operasional Usaha Laundry

Usaha laundry sekarang ini telah sangat berkembang, Anda bisa melihat banyaknya usaha laundry yang bertaburan di sekitar tempat tinggal Anda. Usaha laundry memang dirasa telah menjadi jawaban dari kebutuhan masyarakat masa kini dalam membantu mengerjakan urusan rumah tangga, yaitu mencuci pakaian. Hal ini disebabkan oleh berbagai kesibukan dari masyarakat tersebut yang membuat mereka mengandalkan usaha laundry dalam membantu pekerjaan mencuci. Dan ada anggapan pula bahwa hasil mencuci di tempat laundry dirasa memiliki hasil yang lebih bersih dan hasil setrikaan yang lebih rapi pula. Dan tidak hanya pakaian, barang-barang lain seperti seprei, gorden, selimut juga dapat dicuci oleh usaha laundry tersebut. Hal ini akan sangat membantu masyarakat.

Dan mungkin hal ini juga merupakan waktu yang tepat untuk Anda untuk membuka usaha laundry, dan kami pun dapat menyediakan berbagai peralatan dan bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuka usaha laundry, tentunya dengan kualitas yang terjamin. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan usaha laundry, salah satunya adalah manajemen operasional pada usaha laundry Anda. Manajemen operasional yang kurang baik dan tidak terkontrol dapat menyebabkan usaha laundry Anda merugi dan bahkan mengalami kebangkrutan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami secara khusus membahas tips-tips yang dapat Anda gunakan untuk mengelola operasional usaha laundry Anda, baik untuk Anda yang baru akan memulai usaha ini maupun bagi Anda yang telah lama berkecimpung pada usaha ini, kami yakin informasi ini akan berguna untuk Anda.

Berikut merupakan tips-tips yang bisa Anda gunakan dalam mengelola operasional usaha laundry Anda:

  1. Utamakan operasional untuk bahan-bahan dan perlengkapan utama
READ  Tips Berbisnis ala Ciputra

Sebelumnya, Anda tentu sudah harus mempunyai tempat usaha yang strategis serita peralatan yang lengkap dan memadai untuk menunjang usaha laundry Anda. Dan setelah semua itu Anda penuhi, yang harus diutamakan sekarang adalah manajemen kelengkapan dari bahan-bahan utama yang Anda perlukan untuk menunjang usaha laundry Anda. Bahan-bahan tersebut meliputi deterjen, pelembut pakaian, pengharum pakaian, serta perlengkapan operasional lainnya. Jika bahan-bahan dan perlengkapan ini tidak ada saat Anda menjalankan usaha Anda, tentunya usaha Anda akan banyak menemui kesulitan nantinya. Oleh karena itu pastikan bahan-bahan serta perlengkapan tersebut selalu tersedia, jangan sampai kehabisan disaat Anda harus melayani pelanggan Anda. Hal ini akan mengganggu jalannya operasional usaha Anda dan bukan tidak mungkin akan mengecewakan pelanggan-pelanggan Anda nantinya.

Anda dapat menyisihkan sekitar 30 persen dari keuntungan Anda untuk melakukan pembelanjaan kembali setiap bulannya agar proses usaha yang berjalan nantinya tidak terganggu. Dan jika pada saat proses usaha berjalan, dan bahan-bahan utama serta perlengkapan juga sudah menipis pada tengah-tengah bulan, Anda juga harus langsung melakukan pembelanjaan kembali.

  1. Perawatan peralatan dan mesin-mesin secara berkala

Selain bahan-bahan utama dan perlengkapan-perlengkapa utama, Anda juga harus merawat secara berkala peralatan serta mesin yang Anda miliki dalam usaha laundry Anda. Peralatan – peralatan ini meliputi mesin cuci, mesin pengering, setrika, timbangan, meja-meja pendukung serta peralatan lainnya. Anda tentu tidak ingin peralatan tersebut mengalami kerusakan pada saat usaha sedang berjalan bukan? Memang kerusakan terkadang tidak dapat dihindari, namun jika Anda merawat secara benar dan berkala, kerusakan – kerusakan mesin tentu akan lebih minimal. Dan tidak hanya kerusakan mesin, kecelakan kerja karena mesin yang rusak juga lebih dapat dihindari. Alokasikan 10 persen dari keuntungan Anda untuk membiayai perawatan dan perbaikan peralatan-peralatan yang terdapat di dalam usaha laundry Anda.

  1. Kesejahteraan karyawan
READ  Tips Mencari Suplier Bisnis Laundry

Hal ini juga sangat penting, Anda harus memberikan upah yang layak agar karyawan Anda lebih bersemangat dalam melayani pelanggan – pelanggan Anda. Alokasikan 30-40 persen keuntungan Anda untuk menggaji karyawan Anda sesuai dengan kemampuan Anda.  Dan jangan lupa untuk memperhatikan keselamatan kerja karyawan Anda. Selalu berikan pelatihan yang berkala agar keterampilan karyawan anda selalu baik.

Hal lain yang harus Anda perhatikan juga adalah mengalokasikan keuntungan Anda untuk kegiatan berpromosi yang akan kami bahas dalam artikel lainya. Anda dapat membacanya disini. Demikian informasi yang dapat kami bagikan hari ini, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

 

 

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top