Serba-serbi

Tips Mengatur Keuangan Usaha Laundry

Selain kemampuan pemasaran, menyusun strategi, maupun membina hubungan dengan pelanggan, salah satu keahlian lain yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha laundry adalah mengelola keuangan usaha. Ini adalah yang paling vital dari semua ketrampilan yang dimiliki. Sekalipun Anda bisa menggaet banyak pelanggan tapi kalau kemampuan mengelola arus kasnya tidak mumpuni, malah bisa membuat bisnis Anda bangkrut.

Bagaimana cara mengelola keuangan yang aman dan bisa membuat bisnis laundry berjalan lancar? Pertama, Anda harus bisa memisahkan mana rekening pribadi dan mana rekening usaha. Jangan dicampur keduanya agar Anda tidak menganggap keuntungan bisnis sebagai uang pribadi yang bisa dipakai “seenaknya”. Sekalipun Anda adalah pemiliki seratus persen dari laundry tersebut, bukan berarti Anda “halal” menggunakan uang yang masuk untuk urusan-urusan yang tidak ada hubungannya dengan perusahaan. Kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh pengusaha, apapun jenisnya adalah mencampuri uang pribadi dengan uang kantor.

Kedua, Anda harus menggaji diri Anda sendiri. Sebagai pemilik, tentukan gaji yang pantas untuk Anda. Memang sebagian pengusaha di awal-awal malah rela tidak mau digaji dan hanya fokus untuk karyawan-karyawannya saja. Tapi pada akhirnya mereka stress sendiri karena sudah merasa kerja tapi tidak bisa menikmati hasilnya. Anggaran pengeluaran bulanan ini harus dijadikan acuan agar Anda tahu berapa minus, berapa surplus, dan kalau pun terpaksa berhutang, Anda sudah mengantisipasi pembayarannya di bulan berikutnya.

Ketiga, buatlah arus kas yang berisi laba, rugi dan neraca. Kalau Anda merasa usaha laundry ini masih baru, maka setidaknya ada laporan tentang berapa rupiah yang masuk dan keluar. Jangan menganggap usaha Anda itu profitable meskipun setiap hari yang datang menitipkan pakaiannya bisa mencapai angka puluhan orang. Belum tentu! Anda bisa bernafas lega kalau laporan keuangan arus kas Anda positif, tidak minus karena hutang.

READ  5 Tips Sukses Usaha Laundry

Keempat, Anda harus bisa menggaji seorang akunting selain seorang kasir. Jangan biarkan kasir berperan sebagai akunting. Kasir adalah orang yang memegang uang harian, jika ia juga yang membuat laporan keuangan maka ada potensi manipulasi laporan. Harusnya keuntungan Anda 10 juta bulan ini, tapi karena kasirnya tidak jujur, ia menulis hanya 8 juta. Ini akibat fungsi kasir yanga disatukan dengan fungsi seorang akuntan.

Kelima, jangan biarkan uang Anda dibawa pulang oleh karyawan sekalipun ia adalah tangan kanan Anda. Potensi menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi sangat besar, apalagi kalau muncul masalah-masalah seperti saudara sakit, tagihan hutang datang, atau motor rusak. Ini bisa membuat seorang yang paling jujur pun bisa tergoda untuk menggunakan uang yang ada di tangannya. Karena itu lebih baik uang perusahaan Anda sendiri yang memegangnya, apalagi kalau bisnis ini masih kecil dan baru.

Keenam, jika usaha laundry Anda juga berjualan produk turunannya seperti deterjen, larutan pewangi, pengharum baju dan sebagainya, maka lakukanlah cek stok secara berkala. Jangan-jangan sebenarnya sudah terjual tapi dilaporkan belum terjual. Uang hasil transaksinya sendiri sudah raib. Dan ini adalah bencana bagi bisnis Anda.

Ketujuh, rencanakan pengeluaran bulanan. Jangankan bisnis, untuk urusan rumah tangga pun Anda harus merencanakan berapa pengeluaran yang dibutuhkan di bulan berikutnya. Tujuannya agar Anda tidak over spending terhadap dana yang dipegang saat ini. Pisahkan mana yang untuk promosi, mana yang untuk membeli deterjen, sabun, plastik pembungkus dan sebagianya.

Selamat berhitung!

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top