Bussiness

Tips Berbisnis ala Ciputra

Merupakan seorang pebisnis properti. Terkenal dengan sifatnya yang tak pelit dalam membagi ilmunya. Di usianya yang ke 81 tahun, ia masih sibuk memberikan motivasi dan mentor para pengusaha pemula. Ia berkata bahwa saat ini hanya ada sekitar 1% penduduk Indonesia yang menjadi seorang wirausahawan. Padahal kita memerlukan lebih banyak dari itu. Ia mengatakan hal tersebut pada saat ia mengisi sebuah pembukaan pelatihan kewirausahaan di kantor Bank Indonesia. Menurutnya, menjadi seorang pebisnis bisa dilakukan sejak masih berada di taman kanak-kanak atau TK. Ia mengatakan bahwa pada saat membawa anak pergi ke pusat perbelanjaan jangan hanya mengajarkannya untuk membeli barang saja, melainkan juga jelaskan bagaimana cara membuatnya.
Secara perlahan anak-anak akan mudah diajarkan tentang manajemen keuangan dan mulai menabung. Ketika anak sudah mulai beranjak dewasa, maka si anak sudah mulai bisa diajarkan berdagang. Usahakan barang yang dijual merupakan barang yang mudah untuk dibawa dan diminta oleh si anak tersebut. bahkan tidak ada salahnya untuk memperkenalkan tentang bisnis online pada anak. Ia mengatakan bahwa ia pernah mengajari anaknya untuk menjual kue dipinggir jalan, bila dibeli dua kue maka akan diberikan diskon, membeli tiga kue maka diskon akan ditambahkan, begitu juga seterusnya. Hal ini merupakan hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan.

Bila anak sudah mulai tumbuh lebih dewasa lagi, anjurkan ia untuk membuat 100 daftar tentang bisnis apa saja yang akan dilakukan. Kemudian diseleksi hingga terpilih hanya 10 atau 3 bisnis saja yang dilakukan. Bisnis yang dipilih harus sesuai dan tidak bertentangan dengan keinginannya. Bisa juga mencari mentor bisnis yang sesuai dengan bisnis yang dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memberi arahan bagi anak untuk lebih jelas tentang bisnis yang akan dilakukan. Ia menjelaskan bahwa yang lebih penting lagi adalah inovasi. Bisnis apapun intinya sama saja, yaitu menjual. Yang membedakan adalah inovasi. Istilahnya adalah membuat blue cean strategi, bukan red ocean strategy.

READ  Tips Melakukan Riset Pasar

Bila sudah mulai terlihat usahanya, maka hal yang terpenting lainnya adalah modal usaha. Namun bagi Ciputra modal bukan sesuatu yang penting. “saya dulu memulai usaha dengan modal dengkul, alias tanpa modal. Yang penting adalah bisa baca peluang dan inovasi” jelasnya. Biasanya ketika bisnis telah berjalan akan timbul ketakukan bisnis yang dijalankan gagal. Namun disitulah mental para pengusaha dilatih. Ia menyatakan bahwa menjadi seorang wirausaha harus berani untuk menjadi rugi. Saat ini nyatanya ada 30% masyarakat Indonesia yang memiliki bakat untuk menjadi seorang wirausahawan. Yang diperlukan adalah sedikit bakaran semangat dengan memotivasi dan pelatihan maka para masyarakat tersebut akan siap menjadi calon wirausahawan dimasa mendatang.
Menurut Ciputra mengelola bisnis itu tidak ada kata baku bahwa pengusaha ini harus bertindak seperti ini atau seperti itu. Yang terpenting adalah bagaimana caranya mengelola sebuah hambatan bisnis menjadi peluang bisnis dimasa depan. Barang atau jasa yang ditawarkan itu tidak harus baru, yang terpenting adalah unik. Dengan keunikan ini orang akan melihat dan tertarik dengan apa yang kita jual. Ciptakan merk sendiri, buat yang mudah diingat oleh konsumen. Merk juga bisa diciptakan dengan melihat produk orang lain kemudian produknya dibuat oleh kita sendiri dan hal ini tidak apa-apa. Yang paling mudah adalah dengan memasarkannya secara online. Hal ini didukung dengan semakin majunya perkembangan teknologi.

Comments
Click to comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top