Serba-serbi

Shibori, Teknik Menghias Kain Ala Jepang

Mendengar kata Jepang tentu tak jauh dari keunikan yang terdapat di negara bekas penjajah Indonesia dan Asia tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya inovasi teknologi, perfilman bahkan fashion yang berasal dari negeri ini. Yang paling terkenal dan melekat adalah gaya harajuku yang unik dan khas dengan perpaduan gaya berbusana warna-warni seperti boneka. Ada juga beberapa makanan unik khas negara tersebut yang terkenal hingga keberbagai negara termasuk Indonesia seperti sushi, teriyaki dan lain sebagainya. Negeri Sakura ini memang sudah terkenal dengan penduduk mudanya yang sangat kreatif. Banyak hal yang bisa didapat dinegara yang indah ini. Unsur yang paling menonjol adalah unsur seni yang dihasilkan oleh para pemuda jepang. Bahkan pakaian kimuno khas negeri sakura ini adalah salah satu pakaian tradisional terindah didunia.

Berbicara soal pakaian khas Jepang, terdapat teknik menghias kain yang khas berasal dari Jepang yaitu Shibori. Istilah ini merupakan istilah dari Jepang dalam teknik mewarnai kain. Caranya adalah dengan diikat, dilipat, serta disimpul. Kata lain dari Shibori adalah Shiborizome. Teknik ini sudah dikenal sejak abad ke-8. Tekniknya sangatlah beragam. Sama seperti teknik mewarnai yang lainnya, teknik Shibori terbagi dalam beberapa jenis yang tentu saja memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.  Cara mewarnai kain yang satu ini masih dilakukan sampai sekarang karena merupakan salah satu wujud kebudayaan asal Jepang yang merupakan salah satu kreatifitas yang harus dipertahankan.

Berikut ini adalah teknik dalam melakukan Shibori:

Kanoko Shibori. Yaitu merupakan sebuah teknik mewarnai kain dengan mengikat kain tersebut dengan sebuah tali. Pattern yang akan dihasilkan tergantung pada seberapa kuat ikatan tali pada kain. Tali yang dipilih merupakan tali yang dapat mengikuti selera warna. Karena tali tersebut dapat menjadi penanda dalam proses pewarnaan selanjutnya.

READ  Promosi Online untuk Usaha Laundry

Miura Shibori. Yaitu merupakan teknik yang paling mudah, hanya dengan mengikatnya saja. Hasil kerajinan yang satu ini paling banyak ditemui karena merupakan yang paling mudah dilakukan dan lebih cepat prosesnya. Sehingga tidak butuh waktu lama dalam mewarnai atau mencelupkannya pada pewarna yang disiapkan. Hasil yang didapatkan adalah berupa pola yang membentuk seperti air.

Kumo Shibori. Cara yang satu ini adalah dengan melipatnya terlebih dahulu, baru kemudian mengikatnya dengan tali. Teknik ini sedikit sulit karena dibutuhkan sebuah ketelitian yang cukup tinggi agar hasil yang diinginkan dapat menjadi bagus dan lebih detail. Pola yang akan terbentuk menyerupai jaring laba-laba. Selain itu harga jual pada hasil kerajinan yang satu ini juga terbilang mahal karena prosesnya yang terbilang rumit.

Nui Shibori. Berbeda dengan yang lainnya, Nui Shibori adalah mewarnai dengan menggunakan jahitan benang yang dilakukan seirama pada kain yang akan diwarnai. Pola yang dihasilkan sesuai dengan pola jahitan yang dibentuk.

Arashi Shibori. Yaitu membungkus kain dengan semacam pipa dengan bentuk yang diagonal. Hasilnya akan menyerupai seperti badai. Arashi artinya badai.

Itajime Shibori. Teknik yang satu ini dilakukan dengan cara menjepit kain dengan dua buah kayu yang diikatkan pada tali. Motif yang dihasilkan adalah kotak-kotak.

Mempelajari teknik pewarnaan Shibori tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan tekniknya yang mudah. Meskipun ada beberapa teknik yang membutuhkan ketelitian serta fokus pada motif, tentunya akan terasa mudah bila dipelajari dengan cara perlahan. Negeri Sakura masih menggunakan teknik ini dalam pewarnaan kain.

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top