Serba-serbi

Seluk Beluk Kain Mori

Kain adalah sebuah bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan pakaian. Misanya seperti baju, celana, atau bahkan dapat juga digunakan untuk membuat berbagai macam hal seperti salah satunya adalah selimut. Di Indonesia sendiri penggunaan kain sangatlah banyak. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara yang memiliki kebudayaan yang beragam seperti salah satunya adalah batik. Kain paling sering digunakan untuk pembuatan batik. Hal ini dikarenakan kain batik merupakan kain yang sangat banyak digunakan dan diminati baik dari dalam maupun luar negeri. Kain batik memiliki unsur budaya yang sangat kental dan khas tergantung daerahnya masing-masing. Proses pembuatannyapun memakan waktu yang cukup lama.

Salah satu kain yang sering digunakan dalam pembuatan batik adalah kain mori. Kain mori merupakan kain yang biasa digunakan untuk membuat batik dengan warna. Kain mori dipercaya lebih dapat membuat hiasan batik menjadi terlihat lebih indah serta lebih mudah untuk meresap. Selain itu juga merupakan kain yang nyaman jika digunakan. Hal ini karena kain mori memberi kesan elegan serta khas menonjolkan budaya sehingga akan memberi kesan mewah bagi penggunanya. Kain mori juga sangat nyaman digunakan karena sejuk. Kain mori itu sendiri terbuat dari bahan katun, polyester, dan juga sutera. Bahan ini sudah dikenal sejak lama dapat memberi kenyamanan bagi penggunanya  dan akan lebih mudah meresap batik saat proses pembatikan diatasnya.

Kain mori terbagi atas dua jenis yaitu kain yang sudah diproses pemutihan atau bleaching, dan yang belum diputihkan. Kain yang belum melewati proses pemutihan disebut dengan kain belacu. Saat ini batik sudah mulai banyak ditemui diberbagai daerah. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya peminat terhadap kain tersebut sehingga produksi dilakukan diberbagai daerah. Kain mori yang sudah melewati proses pemutihan kemudian akan dikeringkan kemudian barulah diukir atau dimanakan dengan proses pembatikan. Proses pembatikan yang dilakukan tentunya membutuhkan waktu yang lama. Kain ini tergolong kain yang tipis sehingga rentan robek bila tidak berhati-hati saat penggunaannya.

READ  Jenis-Jenis Kain Batik

Kain mori sempat juga terkenal sebagai bahan pembuatan pakaian pada era 1960 hingga 1970-an. Selain digunakan untuk pembuatan pakaian dan kain batik, kain mori juga kerap kali digunakan untuk dijadikan sebagai saringan tahu, kain kafan, serta kain layar. Kegunaan kain mori sudah ada sejak dahulu. Pengaplikasiannya yang mudah membuatnya sering dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan sebuah pakaian termasuk pakaian dengan corak batik. Jangan heran bila kain batik yang berdasarkan pada kain mori harganya lebih mahal dibandingkan kain lainnya. Hal ini karena proses pembuatannya yang cukup rumit dan memakan waktu yang cukup lama. Bila Anda sering memperhatikan sebuah kain tipis untuk menyaring tahu, itu adalah kain mori.

Harga kain mori tentu saja tergantung pada kualitas yang dimiliki kain tersebut. Semakin baik kualitasnya maka semakin tinggi juga harganya. Misalnya kualitas benang tenun yang dilihat dari pintalan single atau double, kekerasan benang tenun yang dilihat dari kasar atau halusnya benang tersebut, kerapatan anyaman yang biasanya disebut dengan bilangan per inci agar lebih mudah, serta lebar kain yaitu 90m untuk single ,dan 120m untuk double. Kain mori dapat ditemui ditoko kain manapun. Memang jarang orang atau penjahit yang menggunakannya sebagai bahan dasar dalam pembuatan pakaian. Namun kualitas yang dimiliki oleh kain mori sangatlah bagus.

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top