Serba-serbi

Sejarah Indonesia Fashion Week

Indonesia kaya akan sumber daya kreatif. Tidak terbilang begitu banyak kreator-kreator kelas dunia yang lahir di negeri ini, mulai dari dunia animasi, teknologi, seni rupa, seni lukis, kuliner hingga fesyen. Mereka para seniman-seniman lokal ini berhasil merebut hati para pencinta seni dari seluruh dunia untuk menikmati karya-karya mereka. Salah satunya adalah industri busana yang melahirkan banyak desainer-desainer bertaraf internasional.

Perkembangan dunia fesyen di tanah air bisa dikatakan mengalami perkembangan yang menggembirakan. Berbagai pagelaran fashion show pun marak diselenggarakan setiap tahun, mulai dari kelas kota hingga kelas negara. Salah satunya adalah Indonesia Fashion Week (IFW) yang baru-baru ini diselenggarakan di Jakarta untuk kelima kalinya. Tema yang diangkat adalah “Reflection of Culture”. Kegiatan pentas busana ini berlangsung di Jakarta Convention Center. Tamu-tamu yang datang pun berasal dari berbagai negara, termasuk duta besar negara sahabat. Pentas yang pertama kali diadakan tahun 2012 itu dibuka dengan tarian Cilinaya dari Gianyar, Bali. Nuansa eksotisme nusantara kental terasa saat dipadukan dengan gamelan gong klasik. Konsep kali ini adalah mengedepankan budaya lokal sebagai tema sentralnya. Dengan dihadiri oleh pejabat negara seperti pimpinan DPR, DPD hingga menteri dari Kabinet Kerja, Indonesia Fashion Week 2016 sukses menarik perhatian peminat industri fesyen di tanah air.

IFW  merupakan kolaborasi para perancang yang tergabung dalam Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Kegiatan ini adalah platform universal untuk para pelaku industri mode untuk menciptakan karya desain dengan tren fesyen yang terkini. Sebagai salah satu pekan mode yang cukup berpengaruh di kawasan Asia, IFW pun dijadikan rujukan bagi para profesional yang berkecimpung di industri ini, seperti fotografer, stylist, model, agensi, jurnalis, dan sebagainya.

READ  Dimanakah Laundry Terbesar Di Dunia?

Tujuan utama diselenggarakannya Indonesia Fashion Week tidak lain adalah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat mode di dunia. Dengan memadukan kultur lokal yang direpresentasikan melalui pameran busana, peragaan busana, seminar, workshop dan kompetisi, IFW ingin mempromosikan budaya dan industri kreatif di Indonesia ke dunia. Apalagi para tamu yang hadir tidak saja dari dalam negeri, melainkan juga pelaku-pelaku mode dari negara luar. Tercatat tidak kurang dari 32 fashion show, 665 brand serta 1920 outifits yang terlibat selama kegiatan ini berlangsung.

Sebagai kegiatan lokal, tentu saja penyelenggaraan IFW melibatkan berbagai elemen seperti pemerintah, pelaku industri, asosiasi dan juga para akademisi. Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Koperasi dan UKM memberikan dukungan penuh terhadap acara yang berlangsung selama seminggu ini.

Berdasarkan rilis yang dilaporkan BPS misalnya, pada tahun 2013 nilai ekspor fesyen lokal ke pangsa mancanegara mencapai lebih dari 10 miliar dollar. Ditambah lagi dengan tren pertumbuhan sejak tahun 2008 di industri mode ini. Ini menunjukkan bahwa pagelaran mode seperti IFW telah membantu industri dalam negeri untuk tumbuh secara signifikan. Apalagi pasar yang sudah ada saat ini cukup besar, yaitu Amerika, Jepang, Korea Selatan, Belanda, China, Inggris, Jerman, Uni Emirat Arab dan Italia.

Setiap tahun IFW terus menerus mengalami perbaikan. Jika sebelumnya fokus pada penciptaan jaringan kerja antara sesama desainer dan produsen, maka kali ini lebih mengarah kepada penciptaan jaringan bisnis. Para peserta IFW diedukasi agar ke depannya mereka tidak sekedar menciptakan produk, namun juga mampu menciptakan market yang baru bagi industri fesyen di tanah air.

READ  Cara Mencuci Koper Kulit

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top