Serba-serbi

Mengenal Macam-Macam Katun Jepang

Kain sudah sejak lama dipakai dan digunakan untuk menutupi bagian tubuh agar terlindungi dari sinar matahari dan kuman. Kain sudah ada sejak zaman nenek moyang dulu. Dulu kain hanya dililitkan saja ke tubuh, hal ini karena pada waktu itu manusia belum mengenal yang namanya menjahit. Lama kelamaan seiring berjalannya waktu, manusia mulai mengenal jahitan.

Di zaman modern ini, banyak sekali pabrik dan pengrajin yang menyediakan berbagai macam jenis kain. Salah satu yang paling banyak diminati adalah kain katun. Kain katun memiliki daya serap keringat yang baik, selain itu juga sejuk dan nyaman saat dipakai.

Kain katun Jepang pada umumnya tidak jauh berbeda. Kain ini berasal dari seratus persen kapas dan tidak ada campuran bahan lainnya. Bahan ini disebut-sebut lebih lembut dan halus serta cocok bagi yang memiliki kulit sensitif. Biasanya kain katun Jepang memiliki warna yang penuh serta corak yang beragam dan full pada kainnya. Menurut beberapa sumber, penataan katun Jepang terinspirasi dari baju kimono yang cenderung memiliki corak yang banyak dan warnanya yang colorfull. Karena itu, wajar bila harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis katun lainnya. Tekstur yang dimiliki lembut dan berkilau, atau biasa disebut katun satin.

Bahan katun memang sudah sangat terkenal, salah satunya adalah katun Jepang. Sesuai dengan namanya, kain ini berasal dari negeri sakura, Jepang. Tapi tahukah Anda,  apa saja ciri-ciri dari kain katun Jepang? Bahan ini memiliki tekstur yang halus dan lembut serta kuat dan tahan lama, terasa nyaman di badan dan tidak panas saat digunakan, lebih mudah perawatannya, tidak akan menimbulkan alergi karena terbuat dari bahan alami. Warna pada kain ini juga kuat dan tidak mudah pudar meski sudah dicuci berkali-kali. Sekilas memang mirip dengan kain katun pada umumnya. Namun pastilah ada perbedaan pada bahan tersebut. Terlebih lagi tidak ada campuran bahan lain selain kapas.

READ  Mengenal Tren Pakaian Era 1980-an

Kain katun Jepang memiliki ciri khusus yaitu terdapat tulisan “Japan design “ di sisi ujungnya. Atau bisa juga terdapat kode warna pada kain. Daya serap keringat lebih bagus, harganya lebih mahal, kain ini sering digunakan untuk pembuatan blouse wanita. Ada juga yang dipakai untuk membuat mukena sehingga ada istilah mukena katun Jepang.  Kain ini memiliki tingkat kualitas premium sehingga bahannya tidak berbulu meski disikat. Sering juga digunakan untuk sprei dan bedcover. Selain itu juga sering digunakan sebagai pembuatan mukena. Jenis kain ini sudah sangat terkenal di dunia konveksi. Tak heran bila bahan ini merupakan salah satu yang menjadi favorite dikalangan konsumen. Dalam proses finishingnya, ada yang namanya proses sateen, yaitu penambahan benang disetiap inci dari kain tersebut. Itulah alasan kenapa benang dan serat kain katun yang berasal dari Jepang ini lebih kuat, awet dan tahan lama.

Meskipun termasuk kedalam golongan satin, bukan berarti kain ini panas seperti satin lokal pada umumnya. Sangat cocok untuk dibuat sprei karena cenderung dingin dan halus, sehingga akan memberi rasa nyaman saat tidur diatasnya.

Teliti saat membeli sebuah bahan kain tentulah hal yang sangat diharuskan. Bila salah, maka tidak akan memberi kepuasan saat membuatnya. Bagi Anda yang memiliki hobi membuat pakaian, pastikan bahan yang akan dibeli cocok dengan desain pakaian yang dibuat. Itulah beberapa kain katun Jepang beserta ciri-ciri dan kelebihannya.

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top