Serba-serbi

Mengenal Kain Satin

Kain biasa digunakan sebagai bahan pembuat pakaian. Kain sudah sejak lama digunakan untuk pakaian. Hal ini dikarenakan bahannya yang tepat dan ideal untuk digunakan sebagai pakaian. Kain dipercaya dapat memberi rasa hangat atau dingin sesuai dengan jenis bahan yang digunakan. Hal ini tentunya juga sudah diketahui sejak zaman dahulu. Kualitas yang dimiliki oleh kain akan berpengaruh pada kenyamanannya saat digunakan sebagai pakaian. Tak hanya digunakan untuk pembuatan pakaian saja, tapi juga seprei atau selimut. Hal ini dikarenakan daya serap kain yang sempurna untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari salah satunya adalah dalam pembuatan pakaian. Salah satu kain yang paling dicari-cari adalah kain satin.

Kain satin merupakan jenis kain yang ditenun menggunakan teknik serat filamen sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan juga licin. Kain satin adalah satu kain yang paling dicari. Hal ini dikarenakan kain satin dianggap sempurna dalam pembuatan gaun karena memberi kesan mewah dan elegan bagi yang menggunakannya. Namun tentu saja hal itu tergantung pada desain gaun yang akan dibuat. Kualitas kain satin juga tentunya berbeda-beda, hal ini dikarenakan perbedaan penggunaan serat pada saat finishing. Kain ini juga kerap kali digunakan sebagai bahan pembuatan selendang atau baju adat di beberapa wilayah di beberapa negara karena bagus dan tahan lama.

Satin mulai dikenal di Eropa pada awal abad ke-20. Satin dan sutera memiliki kemiripan, namun keduanya memiliki bahan dan serat yang berbeda. Perbedaan kedua kain tersebut adalah, bahan satin terbuat dari serat sedangkan bahan sutera terbuat asli dari pintalan benang yang berasal dari ulat sutera. Soal ketahanan tentunya berbeda-beda sesuai dengan kualitas yang dimiliki oleh masing-masing bahan. Pada awalnya, sebelum mulai mengenal kain satin, bangsa Eropa lebih dulu mengenal kain sutera. Namun setelah mengenal kain satin, bangsa Eropa mulai menjadikan kain satin sebagai kain yang dapat dijadikan gaun karena mirip dengan sutera. Soal harga, kain satin lebih murah dibandingkan dengan sutera.

READ  Mengenal Pasar-Pasar Tekstil di Indonesia

Kain satin juga berasal dari berbagai negara, misalnya saja cina dan jepang. Pada awalnya tidak banyak orang yang mengetahui tentang keberadaan kain satin yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan bentuknya serta teksturnya yang hampir mirip dengan kain sutera. Kain satin juga digunakan dalam pembuatan kimono, baju adat cina dan beberapa jenis pakaian adat lainnya. Penggunaan kain satin dinilai lebih memberi kesan mengkilap yang menggambarkan elegan serta lebih mempertegas lekuk tubuh sangat diminati terutama oleh kaum wanita. Serat yang digunakan diproses melalui beberapa proses hingga menimbulkan kilap pada permukaan. Namun sebaliknya, pada permukaan bagian dalam justru tidak mengkilap.

Kain satin atau sateen, adalah kain yang khas dan sangat indah. Namun kualitas yang dimiliki tentunya tergantung pada proses pembuatannya terutama pada proses finishing yang memberi kilap serta tekstur yang berbeda-beda. Hal inilah yang akan membedakan kualitas antara kain satin yang satu dengan yang lainnya. Meskipun hampir mirip dengan sutera, kain satin cenderung memiliki harga yang lebih murah ketimbang dengan kain sutera. Hal ini dikarenakan, kain satin lebih mudah dibuat serta kualitasnya berada dibawah kain sutera. Perbedaan kualitas tersebut bukanlah menjadi halangan bagi kain satin untuk dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan gaun, hal ini karena kain satin sangat pas dan cocok untuk gaun.

Mengenal Kain Satin
Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top