Serba-serbi

Mengenal Kain Lurik

Indonesia memang kaya akan budaya serta keunikan yang dimiliki. Beragam ras dan suku bangsa yang menghasilkan segala bentuk kesenian dari adat daerah masing-masing. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan budaya terbayak dan eksotis didunia. Tak heran bila banyak karya dari kebudayaan Indonesia selalu menjadi perbincangan dunia. Salah satu kebudayaan khas Indonesia adalah kain. Kain Indonesia merupakan salah satu kain yang dinobatkan sebagai yang terindah didunia. Salah satu kain yang paling dicari oleh banyak orang baik dari dalam maupun luar negeri yaitu kain batik. Sejak dahulu, kain batik memang sudah terkenal dengan keindahannya. Melambangkan sebuah makna yang berbeda-beda pada corak yang terukir didalamnya.

Kain lurik merupakan salah satu kain yang juga menjadi kain kebanggaan negara ini. Kata lurik berasal dari bahasa Jawa yaitu Lorek. Artinya adalah garis-garis. Garis tersebut melambangkan sebuah kesederhanaan. Pada awalnya fungsi kain ini dijadikan sebagai selendang, atau kain penutup untuk bagian dada wanita. Kain ini sangat unik dan memiliki motif garis-garis yang sangat indah dengan warna yang cenderung terang. Biasanya warna garis yang terdapat pada kain tersebut memiliki beberapa warna. Misalnya biru dengan hijau atau yang lainnya. Yang unik dari kain ini adalah, hanya digunakan oleh kaum wanita saja pada masa itu. Karena digunakan sebagai penutup dada.

Pada zaman dahulu, kain lurik dibuat dengan sebuah benang yang berasal dari tumbuhan perdu. Tumbuhan tersebut berwarna hitam dan putih. Tak heran bila pada zaman dahulu, kain lurik hanya memiliki dua warna saja, yaitu putih dan hitam. Adapun  mulai ditemui warna lain karena diberi warna oleh tumbuhan lain yang menghasilkan warna berbeda seperti teh yang menghasilkan warna cokelat. Pakaian atau kain lurik ini memanglah terlihat sangat sederhana. Sesuai dengan makna yang terlandung pada penamaan kain tersebut. Kain lurik juga banyak digunakan pada era modern ini. Hal ini karena banyaknya pada desainer yang tertarik pada keunikan kain ini.

READ  Bisnis Laundry, Bisnisnya ‘Orang Kompleks’

Seiring dengan berkembangnya zaman, kain lurik mulai dibuat menjadi sebuah kebaya. Sedangkan bagi pria, kain lurik dikenakan sebagai surjan. Kain lurik menjadi pakaian sehari-hari bagi masyarakat. Khususnya daerah Jawa. Namun disisi lain, kain lurik juga difungsikan untuk menggendong tenggok. Selain itu juga, kain lurik digunakan untuk menghadiri acara adat seperti acara sakral dan lainnya. Kegunaan kain lurik pada masa itu merupakan suatu kebutuhan sehari-hari. Kain tersebut dapat digunakan dengan berbagai macam fungsi. Mulai dari menutupi dada wanita, menjadikannya sebagai kebaya, surjan untuk pria, bahkan menggendong tenggok dengan menggunakan kain lurik tersebut. Kain lurik dipercaya sebagai kain yang memiliki makna mendalam bagi masyarakat setempat.

Pada dasarnya kain lurik hanya memiliki satu motif saja yaitu garis. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kain lurik memiliki berbagai macam corak. Ada lebih dari lima macam corak yang dimiliki oleh kain lurik. Hal ini membuatnya terlihat semakin indah dan tentunya semakin diminati. Tak dapat dipungkiri bahwa kain lurik dapat dijadikan sebagai salah satu tren saat ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya para desainer yang melirik bahan ini. Selain motifnya yang unik, bahan pada kain lurik termasuk kuat dan tahan lama. Keunggulan tersebut itulah yang membuat kain lurik hingga kini masih bertahan. Kain lurik merupakan salah satu hasil kebudayaan Indonesia yang hingga kini masih bertahan.

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top