Serba-serbi

Mengenal Dry Cleaning

Jika Anda adalah seseorang yang berpikir untuk membuka usaha laundry, maka Anda perlu mengetahui istilah-istilah atau komponen bisnis dari usaha laundry tersebut. Salah satu nya adalah dry clean.

Sebelumnya apakah Anda sudah paham apa itu dry clean? Dry clean adalah jasa professional yang disediakan oleh usaha laundry untuk mencuci pakaian pelanggan mereka terutama untuk mencuci pakaian yang berbahan lembut atau pakaian formal seperti jas formal milik pelanggan. Dry clean juga dikenal dengan nama penatu. Dan mengapa disebut dry clean? Karena kegiatan mencuci dengan metode ini memang tidak menggunakan air, tetapi tidak berarti proses pencuciannya kering sepenuhnya.

Sama seperti proses mencuci umumnya, pakaian yang akan dilakukan proses dry cleaning diperiksa dulu apakah ada noda yang harus diatasi, dan jika ada maka dilakukan proses penghilangan noda terlebih dahulu dengan menggunakan bahan kimia yang sesuai. Setelah itu barulah dimasukkan kedalam mesin cuci, dan khusus untuk dry cleaning, proses pencucian ini menggunaan cairan pelarut seperti perklorotilena yang disemprotkan ke semua bagian pakaian selama proses pencucian berlangsung dan lalu dikeringkan.

Sekarang kita akan mempelajari bagaimana proses dari metode dry cleaning ini.

Jika Anda memperhatikan, ada banyak sekali merek mesin dry cleaning yang beredar di pasaran. Namun secara umum prinsip dan fungsinya sama. Mesin dry cleaning merupakan mesin pembersih yang menggunakan motor pemutar dan biasanya dapat menampung 9 sampai dengan 45 kg pakaian dalam sekali proses pencucian didalam wadah stainless steel yang berongga.

Selama pakaian berputar di dalam mesin dry cleaning ini, ada aliran konstan cairan pelarut yang dikeluarkan melalui sistem pompa dan filter. Dan selama proses ini berlangsung, banyak hal yang terjadi pada pakaian yang sedang dicuci. Tidak hanya merendam pakaian, cairan pelarut ini juga sekaligus berfungsi untuk untuk melepaskan kotoran-kotorang yang terdapat pada pakaian dengan bantuan getaran dan putaran dari motor pemutar mesin. Lalu kotoran yang terlepas ini akan masuk ke dalam sistem filter, dan terjebak disana. Sehingga cairan pelarut yang sudah tersaring akan kembali disemprotkan ke dalam wadah yang berisi pakaian tersebut. Proses ini berlangsung terus menerus sampai dengan proses pencucian selesai.

READ  6 Cara Menarik Pelanggan Baru Usaha Laundry (Bagian 1)

Setelah proses pencucian, mesin akan mulai bekerja untuk proses pengeringan pakaian. Dan sebelumnya terjadi dahulu proses pelepasan cairan pelarut dari pakaian yang dicuci dan kemudian masuk ke proses pengeringan dengan menggunakan sirkulasi udara yang hangat di dalam wadah mesin tersebut. Setelah pakaian yang dicuci menjadi kering, proses selanjutnya sama seperti cara mencuci dengan menggunakan air, pakaian diperiksa ulang apakah masih ada noda yang tertinggal, jika ada bisa kembali menggunakan penghilang noda untuk mengatasi hal tersebut dan jika tidak ada, pakaian dapat dikeringkan sempurna dan disetrika.

Dalam menyediakan jasa dry cleaning, Anda harus terus memeriksa performa mesin penyaring dari mesin dry cleaning ini secara berkala, karena jika terjadi masalah disana, maka hasil proses pencucian akan tidak maksimal, karena akan banyak kotoran-kotoran yang tertinggal akibat proses penyaringan yang tidak baik.

Jika Anda memberikan jasa dry cleaning, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan juga. Cairan pelarut yang biasa dipakai untuk metode dry cleaning ini mudah terbakar, karena itu Anda harus lebih berhati-hati. Anda sebaiknya mempersiapkan langkah-langkah pencegahan yang sesuai untuk alasan keselamatan.

Sekarang Anda sudah memahami apa itu dry cleaning, bagaimana cara kerjanya, dan berberapa tips yang perlu Anda tahu. Washingfactory.com juga menyediakan mesin-mesin dry cleaning yang berkualitas. Silahkan berkunjung ke halaman toko kami.

 

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top