Serba-serbi

Mencari Modal Usaha untuk Bisnis Laundry

Bisnis tentu butuh modal usaha. Meski demikian, banyak juga yang menjalankan bisnisnya dengan modal dengkul alias tenaga karena ia tidak punya dana. Padahal uang bukanlah satu-satunya alasan mengapa seseorang bisa menjalankan bisnisnya atau tidak, melainkan ide dan jaringan teman. Asalkan ada ide yang unik, pangsa pasar yang siap menyerap jasa atau produk, serta jaringan pertemanan yang memiliki beragam keahlian untuk menunjang usaha tersebut, maka seseorang pun bisa menjalankan bisnisnya.

Termasuk juga usaha laundry. Bisnis ini termasuk yang dibutuhkan oleh banyak orang khususnya para pasangan suami istri yang dua-duanya bekerja di luar. Mereka tidak mau repot-repot mengurus pakaian kotor, lebih baik menyerahkan kepada ahlinya. Yang mereka cukup lakukan adalah memasukkan semua baju dan celana kotor dalam plastik besar, mentiipkan ke laundry dan besoknya diambil kembali dalam keadaan sudah rapi tersetrika. Menjamurnya laundry-laundry di berbagai kompleks perumahan menunjukkan bahwa permintaan akan jasa ini cukup tinggi. Bahkan yang tidak punya mesin cuci pun “nekat” membuka usaha ini sebagai marketing.

Jika usaha laundry Anda sudah mau jalan, tapi kebentur dengan masalah modal, lalu apa solusinya? Tentu saja cari modal. Bisa dengan meminjam ke koperasi kantor, bisa juga ke orang-orang terdekat seperti saudara, teman kuliah, teman kantor, atau bahkan orang tua. Namun kalau sumber-sumber primer itu sama sekali tidak bisa meminjamkan Anda modal, apa yang harus dilakukan?

Mencari investor profesional

Lupakan orang terdekat Anda, cobalah cari orang lain yang kira-kira memang punya dana simpanan yang banyak. Tunjukkan keseriusan Anda terhadap usaha laundry ini dengan membuat proposal singkat yang berisi analisis pasar, analisis usaha, analisis keuangan dan lainnya. Perlihatkan data-data penunjang bahwa jasa yang ditawarkan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, bisa melalui survei-survei lembaga riset yang dipublikasikan ke media, atau survei mandiri dengan mendatangi secara langsung orang-orang yang menjadi target pasar Anda. Presentasikan analisis Anda terhadap keuntungan bisnis laundry ini, misalnya dari modal yang dibutuhkan, berapa persen yang dialokasikan untuk promosi, operasional karyawan, sewa tempat hingga berapa lama modal tersebut akan habis. Setelah itu, tunjukkan berapa besar profit yang bisa diraih dan berapa lama modal bisa kembali (break event point). Semakin detil, semakin bagus.

READ  Melihat Robot Laundry Pertama Di Dunia

Investor saat ini sangat banyak. Orang-orang yang punya kelebihan duit tapi bingung mau dikemanakan uang tersebut diputar ada di sekitar kita. Anda hanya tinggal mendeteksi dan kemudian mendekatinya. Bisa jadi mereka adalah atasan Anda sendiri, atau tetangga, atau bahkan teman masa kecil. Buka mata buka telinga terhadap potensi investasi dari orang-orang di sekitar Anda.

Buatlah paket investasi

Mencari orang yang mau berinvestasi pada usaha laundry Anda sebesar 100 juta rupiah tentu sulit. Tidak semua orang mau mengeluarkan dananya sebesar itu pada bisnis yang belum terbukti profitable. Tapi kalau Anda mencari 100 orang yang masing-masing bersedia berinvestasi satu juta rupiah, ini lebih mudah. Istilahnya, Anda menerbitkan “saham” dalam bentuk surat perjanjian kerjasama. Seratus orang ini bisa didapatkan dari berbagai lingkungan sosial Anda. Meski lebih berat, tapi bisa lebih ringan dalam hubungan ke depannya.

Tawarkan ke forum online

Tawarkan bisnis atau konsep usaha Anda ke forum-forum online seperti Kaskus. Di situs yang dibangun oleh Andrew Darwis ini, ada forum yang khusus tentang penawaran kerjasama. Di dalamnya adalah orang-orang yang memang sudah (atau sedang) membangun bisnis dan butuh kerjasama permodalan untuk melancarkan usahanya. Jika bisnis Anda terkait dengan dunia online, bisa juga posting di Ads.id, sebuah platform forum khusus pelaku bisnis online.

So, cobain tips-tips di atas dalam mencari modal, semoga bisnis laundry Anda semakin lancar jaya ke depannya!

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top