Serba-serbi

Cara Mengatasi Limbah Deterjen

Deterjen merupakan bahan yang pasti sering sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari baik itu dalam rumah tangga dan terlebih lagi pada tempat – tempat usaha laundry. Namun apakah Anda menyadari bahwa limbah deterjen yang Anda gunakan dapat merusak lingkungan di sekitar Anda, oleh karena itu Anda harus tau bagaimana cara mengatasi hal ini untuk mendukung program pemeliharaan lingkungan yang lebih baik, terutama bagi Anda yang mempunyai usaha laundry, pastinya hampir setiap hari Anda harus membuang limbah deterjen dalam jumlah yang cukup banyak.

Sebelumnya ada baiknya kita mempelari dahulu bagaimana peran deterjen dalam merusak lingkungan sehingga kita dapat mengatasinya dengan cara yang tepat dan benar. Zat yang paling umum terkandung di dalam deterjen yaitu surfaktan, bahan ini merupakan bahan organik yang mempunyai peran sebagai bahan aktif pada deterjen, selain pada deterjen bahan ini juga terkandung pada bahan-bahan pembersih lainnya seperti sabun dan shampoo.  Surkaftan ini mempunyai fungsi utama yaitu untuk menurunkan tegangan permukaan pada air sehingga pada saat proses mencuci, air akan lebih mudah meresap ke dalam pakaian yang sedang dicuci tersebut. Selain fungsi sebelumnya, molekul-molekul pada surfaktan juga dapat membentuk ikatan-ikatan antara partikel kotoran dan air. Dan hasil akhirnya adalah kotoran-kotoran yang sebelumnya menempel pada pakaian menjadi terlepas dan mengapung atau larut bersama-sama dengan air cucian.

Surfaktan yang biasa digunakan pada deterjen juga bersifat resisten terhadap dekomposisi biologis yang dapat merugikan lingkungan, dan selain surfaktan deterjen juga mengandung builder atau bahan pembentuk, salah satu dari bahan pembentuk ini adalah Sodium tri poly phosphate (STPP) dan masih banyak contoh bahan pembentuk lainnya. Anda tentu sekarang bisa memahami bahwa air hasil cucian tersebut mengandung berbagai macam zat yang dapat merusak lingkungan jika tidak dibuang dengan benar. Air yang mengandung fosfat tentu saya tidak boleh diminum karena akan menyebabkan keracunan. Dan jika Anda membuang limbah deterjen sembarangan, tentu saja juga akan mempengaruhi flora dan fauna di tempat pembuangan tersebut. Selain itu limbah deterjen pada umumnya juga tidak bisa diurai dalam waktu yang singkat, hal ini dapat menyebabkan polusi udara serta bau yang tidak sedap di lokasi pembuangan limbah deterjen tersebut. Dan jika Anda membuang limbah tersebut di tanah, limbah deterjen tersebut dapat meresap ke air tanah serta sumur-sumur di masyarakat. Manusia yang meminum air yang terpapar limbah ini dapat beresiko terkena kanker karena menumpuknya surfaktan dalam tubuh.

READ  5 Artis Indonesia yang Berbusana Unik

Oleh karena itu perlu cara yang tepat untuk membuang limbah deterjen tersebut seperti:

  1. Pastikan Anda tidak membuang limbah deterjen ke sungai.
  2. Pastikan Anda tidak membuang limbah deterjen ke parit-parit kecil, karena parit-parit kecil ini biasanya juga menuju ke sungai.
  3. Pastikan Anda tidak membuang limbah deterjen di tanah, karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, deterjen dapat membuat kerusakan pada tanah, dan bahkan dapat membunuh mikroorganisme yang terdapat di dalam tanah. Selain itu juga berpotensi mencemari sumur-sumur yang dipakai oleh masyarakat untuk kebutuhan sehar-harinya.
  4. Anda dapat membuang limbah deterjen ke dalam lubang wc agar tidak mencemari lingkungan lainnya.
  5. Dan jika di sekitar Anda terdapat tempat khusus untuk membuang limbah hasil cucian, Anda dapat mempergunakannya.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk Anda dan lingkungan di sekitar Anda.

 

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top