Serba-serbi

Cara Mendapatkan Publikasi Gratis untuk Bisnis Laundry Anda

Siapa yang tidak ingin usahanya diliput oleh media massa? Pasti tidak ada yang tidak ingin. Apalagi gratis, dan yang meliput adalah media sekelas Kompas, Republika, The Jakarta Post, Kontan dan sebagainya. Publikasi seperti ini bisa merangsang penjualan secara tidak langsung. Minimal masyarakat menjadi tahu tentang bisnis Anda. Dalam jangka panjang, tentu bisa berpengaruh terhadap omset.

Di era informasi ini, media adalah salah satu ujung tombak pemasaran. Biasanya bisnis-bisnis baru jarang ada yang mau meliput kalau memang belum terbukti profitable. Sebagai contohnya adalah Gojek. Bisnis ojek yang melibatkan masyarakat ini sebenarnya sudah berdiri lebih dari lima tahun yang lalu, namun menjadi happening justru di tahun keempat. Media-media yang meliput pun sudah tidak terhitung lagi. Bahkan Nadeem Makarim, pendiri dan pemilik Gojek diundang oleh berbagai kalangan untuk memberikan materi tentang kewirausahaan.

Nah, untuk Anda yang sudah menjalankan bisnis laundry sejak lama, dan setidaknya sudah terbukti memberikan keuntungan yang cukup bagus, mengapa tidak dicoba untuk diperkenalkan secara lebih luas saja? Gunakan saja media massa yang selama ini juga telah membantu pebisnis dan pengusaha lain dalam mempromosikan produk maupun merek-merek mereka. Anda akan mendapatkan keuntungan yang tidak didapat melalui promosi iklan, yaitu keuntungan sebuah endorser alias dukungan dari pihak lain. Kalau iklan, yang memuji produk Anda adalah Anda sendiri. Sedangkan dalam publikasi, pihak lain (dalam hal ini media) yang memberikan testimoni tentang keunggulan produk dan bisnis Anda.

Bagaimana cara membuat bisnis laundry Anda diliput media?

Sebarkan press release

Ini adalah cara ‘kuno’ untuk mendapat liputan wartawan. Buatlah sebuah berita yang cukup bermanfaat untuk dibaca oleh para target audiens media, misalnya tentang kegiatan sosial bisnis Anda. Katakanlah, Anda melakukan kegiatan sosial dengan mencuci pakaian anak yatim sejumlah 1437 potong pada saat Tahun Baru Islam. Mengapa 1437? Karena merayakan tahun Hijriah. Biasanya model berita seperti ini lebih mudah dimuat.

READ  Tips Berpikir Kreatif Bagi Pengusaha Laundry

Sebarkan profil

Anda harus ‘tebar pesona’ ke media-media massa. Selain press release, bisa dengan menyebarkan profil pribadi dan bisnis Anda karena setiap media selalu ada rubrik khusus yang membahas tentang bisnis UKM. Jangan sia-siakan rubrik tersebut sehingga diisi oleh kompetitor Anda.

Buat mini gathering

Mini gathering merupakan pertemuan kecil antara Anda sebagai pemilik usaha dengan beberapa wartawan (biasanya tidak sampai lima orang) untuk ngopi-ngopi cantik sambil mempromosikan merek Anda. Cara ini juga cukup efektif untuk mendapatkan publikasi mereka.

Beri hadiah

Tentu ini berbeda dengan memberikan uang (atau amplop) kepada media. Cara ini sebenarnya lebih bertujuan untuk membina hubungan baik.  Misalnya Anda memberikan laundy gratis buat wartawan yang habis liputan di kota Anda (tentu yang sudah dipilih, tidak semua media). Atau memberi diskon khusus bagi jurnalis yang mau mencuci di tempat Anda. Sederhana, tapi cukup efektif untuk membina hubungan jangka panjang.

Manfaatkan isyu

Misalnya ada isyu tentang deterjen yang mengandung minyak babi yang dipakai oleh laundry kiloan. Anda bisa memanfaatkan isyu tersebut untuk mempromosikan bisnis Anda dengan menyebar press release yang berupa pernyataan sikap sambil menjelaskan tentang komposisi deterjen yang digunakan di laundry milik Anda.

Mudah bukan, mendapatkan publikasi gratis dari media? Tapi jangan lupa, hubungan yang dibangun antara Anda dengan media bukanlah sekedar hubungan untung rugi jangka pendek, tapi lebih mengarah pada hubungan jangka panjang. Meski berita Anda tidak diterbitkan, tetaplah menjalin hubungan baik dengan mereka. Sebab dalam jangka panjang, relasi positif tersebut akan sangat bermanfaat untuk menunjang usaha laundry Anda.

 

 

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top