Serba-serbi

Bisnis Laundry, Bisnisnya ‘Orang Kompleks’

Di tengah kesibukan masyarakat perkotaan, dan di tengah langkanya pembantu rumah tangga yang bisa digaji sesuai UMK, para pekerja yang berasal dari keluarga menengah cenderung menyerahkan urusan ‘tetek bengek’ rumah tangganya pada pihak ketiga. Mau makan, tinggal pilih katering. Mau merawat anak, tinggal sewa babysitter. Termasuk juga mau mencuci pakaian kotor dan popok bayi yang terkadang para orang tua dari keluarga muda tidak sempat melakukannya. Oleh karena itu, membuka usaha laundry yang umumnya banyak dibuka di kompleks perumahan cukup menguntungkan.

Dulu bisnis laundry hanya milik mereka yang punya modal besar saja. Saat ini, modal kecil pun bisa membuka usaha yang ‘merakyat’ tersebut. Modal utamanya justru konsep apa yang membedakan dengan kompetitor lain yang sudah buka lebih dulu. Misalnya, laundry satuan dan kiloan, laundry sprei dan laundry baju, laundry pakaian berbahan sutra dan sebagainya. Selain konsep, hal yang bisa membedakan tentu saja dari sisi harganya.

Bisnis laundry sama seperti bisnis lain pada umumnya, yaitu membutuhkan lokasi strategis untuk dijangkau dan diakses. Meski Anda memilih untuk membuka usaha ini di kompleks tempat Anda tinggal, belum tentu bisa sesukses mereka yang sudah terlebih dulu beroperasi. Sebaliknya, jangan lantas menyimpulkan usaha cuci mencuci yang akan Anda buka ini akan gagal hanya karena tetangga di sekitar rumah yang membuka usaha sejenis akhirnya menutup bisnisnya. Sekali lagi, sangat relatif tergantung dari lokasi, konsep dan tentu saja harga.

Bagaimana menilai sebuah lokasi itu strategis? Pertama, perhatikan saja  kepadatan penduduknya. Semakin mewah sebuah kompleks perumahan biasanya semakin tidak padat. Artinya, penghuninya memang sedikit dan kebanyakan rumah lebih banyak ditempati pembantu rumah tangganya. Namun jika perumahannya terkategori menengah, dan lalu lintas cukup ramai, maka bisa dipastikan usaha Anda akan prospektif. Cara sederhana untuk melihat trafik yang ramai adalah datanglah pada hari Sabtu dan Minggu. Biasanya di beberapa kompleks perumahan sering ada pasar kaget di sepanjang jalan Boulevard-nya. Di sini kita bisa menilai seberapa besar potensi area tersebut untuk bisnis laundry.

READ  Tips Merawat Vertical Steamer

Di samping kepadatannya, perhatikan juga tingkat penghasilan warganya. Tentu saja tidak berarti Anda harus mendatangi satu per satu mereka untuk menanyakan berapa jumlah gajinya. Cukup perhatikan, apakah lebih banyak mobil di garasinya ataukah motor. Rata-rata warga kelas menengah memiliki mobil sekelas Avanza di garasinya. Ini menandakan mereka cukup mapan. Dan harga jasa laundry Anda pun bisa ditentukan agar tidak terlalu rendah. Malah lebih bagus kalau konsep yang ditawarkan adalah laundry premium yang harganya juga premium. Tentu saja jenis servisnya berbeda dengan laundry biasa.

Peta persaingan pun harus Anda pelajari. Jika sudah ada laundry di sekitar lokasi yang nantinya akan Anda buka, maka apakah Anda siap untuk bersaing head to head dengan mereka? Atau menghindari persaingan? Kalau tidak punya pilihan lokasi, satu-satunya cara adalah menciptakan pasar tersendiri (blue ocean strategy). Ciptakan pelayanan unik, sasar segmentasi konsumen yang berbeda dengan yang ditargetkan pesaing, dan tawarkan harga yang lebih mahal. Bagi masyarakat kelas atas, harga tidak menjadi persoalan. Yang mereka butuhkan adalah pelayanan prima, personal dan ekslusif.

Setelah semua faktor itu terpenuhi, barulah yang harus disiapkan selanjutnya adalah infrastruktur usaha, seperti sumber daya manusia maupun teknologi. Jangan sampai Anda memposisikan bisnis laundry Anda sebagai jasa premium namun dengan mempekerjakan karyawan yang tidak profesional dan teledor. Atau jangan sampai pula Anda menargetkan pangsa pasar kelas atas tapi tidak menunjang usaha Anda dengan teknologi terbaru. Mengapa tidak menggunakan sosial media, aplikasi dan gadget terbaru sebagai fitur unik dari bisnis cuci pakaian Anda?

Sukses untuk Anda!

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top