Serba-serbi

Bersahabat dengan Kebangkrutan

Sebagai pengusaha laundry yang sudah menjalankan bisnis ini sejak lama, mungkin Anda pernah mengalami yang namanya kebangkrutan. Minimal kerugian. Mungkin baju pelanggan yang rusak sehingga harus diganti, supplier yang menipu, karyawan yang tidak jujur sehingga membuat laporan palsu, hingga dicurangi oleh kompetitor. Kerugian merupakan hal terburuk dalam berbisnis. Selain menguras tenaga, juga membuat waktu bekerja menjadi sia- sia.

Lalu bagaimana agar bisnis tidak merugi? Perlu di perhatikan dengan teliti bagaimana mengelola dan meminimalisir resiko kerugian. Masalah intinya adalah pada pengelolaan bisnis itu sendiri. Untuk mencegah kerugian, tips berikut ini mungkin bermanfaat untuk Anda.

Siapkan modal

Jika ingin berbisnis tentulah membutuhkan modal. Tentukan jumlah modal yang bisa Anda simpan sebagai dana cadangan sebelum Anda memulai membuka usaha laundry Anda. Kebangkrutan terjadi karena semua modal awal sudah Anda belanjakan untuk operasional awal dan tidak menyisakan sepeser pun untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk.

Berhemat

Pastikan modal yang keluar sedikit. Modal besar belum tentu akan membuat sebuah usaha menjadi sukses. Buktinya banyak yang merugi meskipun sudah mengeluarkan modal yang cukup besar. Sebaliknya, dengan mengeluarkan modal yang minim, bukan berarti memilih sesuatu yang tidak berkualitas. Memegang uang dalam jumlah besar memang menggoda pengusaha pemula untuk mengalokasikan secara penuh ke segala macam infrastruktur yang dianggap butuh, padahal tidak. Maka berhematlah agar bisnis Anda tetap stabil.

Laporan keuangan

Catat berapa modal yang keluar dan berapa modal yang sudah dikeluarkan. Ini berfungsi untuk membandingkan dengan keuntungan serta agar Anda bisa memprediksi berapa modal yang harus dikeluarkan selanjutnya. Jangan sampai uang kas dikeluarkan hanya berdasarkan asumsi. Hindari asumsi, putuskan pengeluaran berdasarkan laporan keuangan yang valid.

READ  6 Cara Menarik Pelanggan Baru Usaha Laundry (Bagian 1)

Evaluasi

Sebelum melangkah terlalu jauh, jika sebelumnya Anda pernah rugi dalam skala kecil, catatlah penyebabnya. Setelah itu pikirkan solusi- solusi yang bisa mengatasi kerugian-kerugian kecil tersebut. Tujuannya agar Anda bisa meminimalisir kerugian yang sama di masa akan datang sekaligus sudah mengantisipasi jalan keluarnya.

Cara lain untuk mencegah kerugian, atau mengelola kebangkrutan adalah dengan memiliki seorang mentor. Jangan berjalan sendirian dalam mengarungi belantara bisnis ini sekalipun Anda adalah orang yang sudah cukup berpengalaman. Seorang mentor berfungsi untuk mengevaluasi dan menilai langkah-langkah yang sudah Anda ambil sekaligus memberikan saran. Banyaknya orang yang bangkrut dan tidak bisa bangkit lagi disebabkan karena mereka tidak punya pembimbing.

Bagaimana kalau bisnis laundry Anda memang sudah bangkrut tetapi Anda tetap ingin menjalankannya? Yang harus Anda lakukan adalah apa penghambat Anda untuk maju lagi. Biasanya terbentur sama habisnya modal untuk membayar hutang-hutang perusahaan. Jika ini masalahnya, tawarkan investasi kepada orang lain yang Anda kenal yang kira-kira tertarik untuk menanamkan modalnya ke bisnis ini. Setelah itu, susun rencana minimal untuk dua tahun ke depan yang harus menggambarkan bahwa bisnis laundry Anda akan bisa menghasilkan keuntungan. Buatlah perincian. Bandingkan saat bisnis rugi dan sampai bisnis versi barunya  dengan cara memberi perbandingan. Tujuannya selain untuk menarik minat investor, juga sebagai panduan Anda dalam menjalankan bisnis laundry paska kebangkrutan ini.

Yang pasti, jauh hari sebelum menjalankan usaha ini, siapkan mental Anda terlebih dahulu. Pastikan bahwa Anda siap untuk rugi, bangkrut, berhutang, dan dikejar-kejar pihak bank karena kredit macet. Nah, antisipasilah kemungkinan-kemungkinan terburuk itu dengan cara-cara di atas.

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top