Serba-serbi

Be a “Purple Cow”

Istilah “purple cow” (sapi ungu) dipopulerkan oleh salah seorang pakar bisnis sekaligus pengarang buku marketing terlaris asal Paman Sam, Seth Gotin. Ia mengatakan bahwa untuk menarik perhatian konsumen, maka buatlah sesuatu yang berbeda. “Be a purple cow!” begitu nasehatnya. Sesuatu yang tidak berbeda maka akan sulit mendatangkan pembeli. Orang tinggi di antara orang pendek, perempuan cantik di antara laki-laki sangar, orang hitam di antara orang putih, dan sapi ungu (purple cow) di antara sapi putih.

Bisnis apapun bisa menerapkan prinsip “sapi ungu” ini. If you are not the first, then be different. Hanya pembeda yang bisa membuat bisnis berjalan mulus. Perbedaan tidak selalu hanya dari produknya saja, tapi juga dari konsepnya, kemasannya, desainnya, suasananya, hingga pelayanannya. Semakin beda, semakin unik, maka semakin menarik perhatian konsumen. Kalau sama dengan kompetitor, maka apa alasan konsumen untuk memilih jasa atau produk Anda? Produk boleh sama, tapi cara Anda menyampaikan produk tersebut yang harus berbeda.

Pernah mendengar siomay pinky? Secara rasa, sama dengan siomay-siomay lain yang dijual di pasaran. Tapi Pak Yono, pemilik siomay ini punya cara unik dengan menyulap sepeda dan tempat siomaynya dengan warna pink. Bukan itu saja, bahkan Pak Yono juga memakai kaos dan celana warna pink, dilengkapi dengan boneka Teddy Bear yang juga berwarna pink! Unik, dan tidak heran penggemar siomay ini juga bejibun. Soal rasa? Hampir sama dengan siomay lain, tidak ada yang terlalu istimewa. Pak Yono menawaran konsep yang berbeda dalam berjualan siomay.

Masih ingat Maicih? Keripik dengan cita rasa pedas ini tidak mau bermain di pasar yang sudah penuh oleh keripik-keripik merek lain. Alih-alih menjual dengan jalur distribusi konvensional, pemiliknya, Axel malah berpromosi dengan jalur sosial media alias Twitter. Omsetnya? Sebulan mengantongi lebih dari satu miliar rupiah. Maicih menawarkan cara promosi yang berbeda dalam berjualan kerupuk.

READ  Cara Menghadapi Keluhan Pelanggan

Bagaimana konsep purple cow ini bila diterapkan pada bisnis laundry Anda? Buatlah berbeda dari sisi pelayanan, promosi hingga fasilitas.

Pelayanan

Kalau biasanya orang menaruh pakaian di laundry kemudian menerima tanda bukti pembayaran, maka mengapa tidak ditambah saja pelayanannya menjadi jemput di rumah? Ini sebenarnya jarang dilakukan oleh pengusaha laundry. Dan kalau pun ada pelayanan antar jemput, tambahkan layanan lain misalnya menaruh langsung di lemari saat diantar. Atau bahkan sudah menyiapkan kantong plastik besar untuk menjemput pakaian kotor. Kalau perlu, karyawan Anda mengambil langsung pakaian kotor langsung dari keranjang di rumah konsumen. Bukankah yang seperti ini belum ada?

Fasilitas

Tawarkan fasilitas mencuci ekspress 2 jam selesai. Harganya tentu bisa dibedakan lebih mahal. Namun Anda siapkan juga tempat konsumen untuk duduk-duduk santai sambil menunggu lengkap dengan fasilitas Wifi. Di Bogor ada kafe sederhana yang menjual roti bakar namun dilengkapi dengan fasilitas internet. Ini menjadi kelebihan tersendiri dibandingkan kafe-kafe lain yang fasilitasnya standard.

Promosi

Bedakan cara promosi laundry Anda dengan promosi kompetitor. Kalau pesaing lain menggunakan brosur, spanduk dan pamflet yang disebar, maka kenapa tidak Anda gunakan saja cara lain seperti bekerjasama dengan bisnis lain yang punya pangsa pasar yang sama? Misalnya dengan Indomaret. Setiap pembelian sekian ratus ribu, dapat voucher diskon sekian puluh persen untuk mencuci di tempat Anda. Ini cara yang cukup unik untuk menggaet konsumen.

Selamat mencoba, dan jadilah sapi ungu di industri Anda!

 

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top