Serba-serbi

Bagaimana Meningkatkan Kompetensi Karyawan Baru?

Para pengusaha laundry tentu menginginkan bisnisnya semakin berkembang. Dalam hal tersebut, dibutuhkan penyusunan strategi dalam kaitan sumber daya manusia, terutama dalam hal memperhatikan kinerja pegawai mereka. Tidak hanya sampai di situ saja, faktor lainnya adalah agar operasional bisnis laundry bisa berjalan dengan lancer karena profesionalias karyawannya. Saat pertama diterima bekerja di sebuah usaha laundry, belum tentu seorang pegawai langsung mengerti apa yang harus dilakukan. Ini akan sangat berpengaruh terhadap pelayanan terhadap pelanggan serta kualitas hasil cuciannya itu sendiri. Untuk meminimalisir karyawan berkinerja rendah, berikut tips mengedukasi dan melatih karyawan agar memiliki kompetensi yang mumpuni di bidang laundry.

Pertama adalah memperkenalkan dengan alat- alatnya. Di hari pertama di mana para karyawan baru akan memulai sebuah pekerjaannya, perkenalkanlah seluruh peralatan yang akan digunakan dalam operasional pekerjaan. Jelaskan apa nama alat tersebut, fungsinya dan mintalah mereka mempraktekkannya. Jika masih terdapat kekeliruan dalam mengoperasikan peralatan laundry, latihlah sampai mereka benar-benar mahir.

Kedua, orientasi ruangan. Jelaskan nama ruangan tempat karyawan bekerja, ruang pencucian, tempat pembuangan limbah dan sebagainya. Kalau perlu jelaskan setiap sudut ruangan dan jelaskan pula apa yang harus karyawan lakukan menjalankan mesin maupun bagian lainnya. Gunakan bahasa yang mudah di mengerti, jangan dulu menggunakan istilah-istilah yang hanya dipahami oleh mereka yang sudah terbiasa bekerja di laundry.

Ketiga, perkenalkan kultur perusahaan Anda. Ajarkan budaya kerja cepat, disiplin, serta teliti. Jika karyawan melakukan kesalahan dalam pengerjaan maka tegurlah. Tanamkan keprofesionalitas dalam diri karyawan agar tidak menyepelekan pekerjaan dengan cara memberikan target atau sistem kerja yang terkontrol. Dampingi juga karyawan selama beberapa hari, minimal dua minggu agar pekerjaan mereka berjalan sesuai SOP Anda.

READ  Watak Pribadi Yang Inovatif (Bagian 2)

Keempat, pastikan karyawan mengerti soal pekerjaannya. Dalam hal ini, perlu diperhatikan apakah karyawan dapat mengerti dengan betul pekerjaannya atau tidak. Jika karyawan tidak benar-benar mengerti dengan pekerjaan yang dia lakukan, ada kemungkinan akan timbul rasa tidak mood suatu saat jika ia bekerja. Tentu saja ini sangat berpengaruh pada usaha Anda. Bisa jadi akan timbul sebuah kesalahan dalam bekerja karena hal tersebut.

Kelima, mintalah karyawan mencatat yang diperintahkan. Atau minimal mengulangi untuk pemahamannya. Jika karyawan mencatat apa yang dijelaskan, maka tidak ada alasan untuk tidak mengerti apa yang akan dikerjakan.  Karyawan mau tidak mau harus menghafal apa yang telah di catatnya. Jadi tidak apa-apa jika melepas karyawan untuk bekerja tanpa di dampingi. Tentu ini setelah terbangun kepercayaan Anda kepada mereka.

Keenam, beri waktu. Janganlah buru-buru memberhentikan karyawan Anda hanya karena kesalahan kecil. Pun kalau melakukan kesalahan besar, jika bukan karena kesengajaan dan tidak berkaitan dengan moralitas, akan lebih baik diberi kesempatan kedua. Biarkan mereka belajar dari kesalahan sebelumnya sehingga ke depannya mereka akan lebih terampil lagi. Apalagi kalau kesalahan teknis, sebenarnya bisa diedukasi ulang. Kecuali kalau kesalahan yang bersifat karakter, misalnya ketahuan berbohong, mengerjakan laporan palsu, kabur saat bekerja dan sebagianya.

Karyawan adalah aset berharga dari bisnis laundry Anda. Mendidik dan memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan pada mereka bukanlah “membuang-buang uang”, melainkan investasi. Agar mereka tidak “pindah ke lain hati” saat sudah terampil dan berpengalaman, maka Anda bisa mengikat mereka dengan kontrak periode menengah, misalnya tiga tahun. Beberapa perusahaan menahan ijazah karyawannya sampai kontrak selesai. Ini bisa juga Anda tiru.

Selamat mencoba.

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top