Serba-serbi

7 Sentral Perajin Batik di Indonesia

Pada dasarnya batik adalah suatu cara untuk memberi hiasan pada kain dengan cara menutupi bagian tertentu dengan menggunakan perintang.  Zat perintang itu adalah lilin atau malam. Setelah kain yang sudah digambar, lalu diberikan warna melalui proses pencelupan. Kemudian untuk menghilangkan malam bisa dengan merebus kain tersebut.

Setiap batik tentu memiliki perajinnya masing-masing, dan setiap perajin memiliki standart yang berbeda-beda. Ada baiknya, sebagai pengusaha laundry Anda mengetahui tempat produksi batik saat pelanggan Anda meminta pakaian batiknya dicuci. Tentu pengetahuan ini bermanfaat karena setiap kualitas batik berbeda cara penangannya.

Saat ini banyak yang menjadi pusat perajin batik yang ada di Indonesia, di antaranya adalah:

Yogyakarta

Seperti yang kita ketahui Yogyakarta dikenal sebagai jantung budaya batik. Batik Yogyakarta memiliki warna yang natural seperti cokelat, hitam, putih, nila dan krem. Salah satu pola batik yang paling terkena adalah motif grompol, yang biasanya digunakan pada saat acara pernikahan atau upacara tradisional. Jika ingin mencari batik di daerah Yogyakarta Anda bisa mencarinya di pasar tradisional Beringhardjo, tempat ini memiliki semua batik Yogya dan memiliki harga yang bervariasi.

Solo

Salah satu kota yang ada di Jawa Tengah ini menjadi salah satu kota yang dikenal dengan batik Surakarta.  Tema pada batik Solo pada dasarnya menggambarkan pemandangan alam yaitu bunga dan burung. Setiap batik dari Surakarta ini memliki pola yang berbeda dengan pola yang lainnya, seperti Sido Mulyo yang berarti simbol kebahagiaan, Sido Dadi yang berarti simbol kemakmuran, Satrio Wibowo yang merupakan simbol kemartabatan dan Tikel Asmorodono yang artinya simbol cinta. Jika Anda ingin mencari batik di Solo bisa mencari di daerah Kampoeng Batik Laweyan di desa Laweyan.

READ  Daftar Laundry Terunik di Dunia

Cirebon

Batik yang dibuat di kota Cirebon banyak terpengaruh oleh budaya Cina, hal ini dikarenakan banyaknya etnis Cina yang tinggal di kota ini. Pada dasarnya motif dari batik Cirebon menyerupai gambar hewan yaitu naga, singa, gajah dan harimau, selain itu batik Cirebon juga memiliki motif yang menyerupai awan dan gunung. Batik Cirebon juga dikenal dengan nama kencana ungu yang proses pembuatannya di atas kain hasil tenunan terbaik. Salah satu daerah yang menjadi pusat batik dari kota ini adalah batik trusmi.

Pekalongan

Kota Pekalongan dikenal menjadi salah satu perajin batik, hal ini dikarenakan sanggar dan pabrik pembuatan batik tersebar di berbagai titik di Pekalongan. Pada umumnya batik dari kota ini memiliki warna yang cerah dan memiliki tema alam dengan tekstur dan desain yang lembut, sedangkan untuk motif dan warna dari batik ini banyak dipengaruhi Cina, Arab dan Belanda. Untuk mencari batik di Pekalongan Anda bisa mampir di pasar grosir Setono yang sudah bediri sejak 1939.

Madura

Batik Madura menjadi salah satu yang menjadi ikon popular dan tersohor dari daerah yang di kenal dengan penghasil garam ini. Selain itu batik dari Madura memiliki beberapa motif batik yang terkenal yaitu motif daun, burung, bunga, serat kayu, serta tanjung bumi. Salah satu jenis batik Madura yang paling terkenal adalah gentongan, dan untuk membuat batik jenis ini biasanya menghabiskan waktu sampai satu bulan bahkan tidak jarang pembuatannya selama satu tahun. Hal ini dikarenakan bentuk motifnya yang rumit dan detail.

Bali

Kerajinan batik mulai dikenal di Bali sejak tahun 1970, motif dari batik ini memiliki kesan yang tergolong unik karena hasil dari perpaduan dari ornamen khas pulau dewata dengan Cina yaitu naga, rusa, burung bangau dan kura-kura. Selain itu motif dari batik Bali menggunakan warna yang cerah dan mengusung tema kebebasan, maka dari itu membuat batik ini menjadi terkenal.

READ  Macam-Macam Aksesoris Pakaian

Indramayu

Berdasarkan dari jenis dan juga warna dari batik ini termasuk kedalam jenis batik pesisir, karena mengingat latar belakang dari masyarakat Indramayu memiliki profesi sebagai nelayan dan petani. Batik ini juga dikenal dengan nama batik dermayon atau batik paoman, sebab batik ini banyak terpengaruh oleh gambar atau motif kaligrafi Arab, Cina, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Motif dari batik tulis memiliki beberapa macam di antaranya yaitu kembang gunda, kapal kandas, manuk kunthul dan ombak laut.

Terpopuler

Pusat penyedia kebutuhan peralatan dan perlengkapan laundry #1 di Indonesia.

Segmentasi pelanggan kami adalah mereka yang akan atau telah membuka usaha laundry dan membutuhkan berbagai macam alat penunjang proses produksi.

Kualitas yang kami sediakan telah diseleksi secara ketat untuk kepuasan pelanggan.

ABOUT THE STORE

WASHING FACTORY – Distributor mesin, perlengkapan dan peralatan laundry No.1 di Indonesia.

 Jalan Mawar No 1, Malang
 Phone: 0811 3030 696
 

Like Us on Facebook

Copyright © 2015-2016 WashingFactory.com, Powered by PT. Royal Arch Indonesia.

To Top